Otomania / Teknologi

Manfaat "Oil Treatment" pada Pelumas Sepeda Motor

machinerylubrication.com Alat pengukur kekentalan oli pelumas.

Jakarta, Otomania - Penggunaan oil treatment (produk yang bisa dicampurkan pada oli mesin untuk menambah kualitas) ternyata memiliki manfaat yang belum banyak diketahui orang, Salah fungsinya, adalah menambah kekentalan pada oli dan dapat meredam gesekan pada mesin. Sehingga mesin sepeda motor tidak cepat mengalami panas.

Hal tersebut disampaikan Handoko pemilik bengkel Kukashimura yang berlokasi di Jalan Palmerah Barat, saat dikunjungi Otomania, akhir pekan lalu. "Produk seperti ini hanya berapa saja yang menggunakannya, biasanya anak-anak club motor yang mengerti bagaimana trik-trik perawatan motor," ujar Handoko.

Selanjutnya, seperti pada tulisan Laporan Penelitian Indartono yang terdapat di Indonesian Science and Technology Digital Library milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan, oil treatment yang dicampur dengan minyak pelumas mampu meningkatkan sedikit kualitas.

Kualitas di sini yaitu berupa peningkatan kekentalan, khususnya pada suhu operasi mesin di bawah 70 derajat celcius. Pada suhu di  70 derajat celcus kekentalan miyak pelumas relatif sama, baik yang sudah dicampur dengan oil treatment maupun murni.

Pengujian dilakukan dengan mencari perbandingan antara minyak pelumas murni (bahan yang digunakan Mesran B40) yang digunakan pada mesin dengan yang sudah dicampur dengan oil treatment dari beberapa merek, seperti Jumbo, STP, Omega, Top One, Silicon, Pen Rya, Preston dan Supra. Bahan uji tersebut dioperasikan pada motor selama 30 jam dengan putaran 3.000 rpm. Pelumas yang telah menjalani tes tersebut diukur kekentalannya pada suhu 40°C, 55°C, 70°C, 85°C dan 100°C dengan alat Viscometer Oswold.

Indartono menambahkan berdasarkan hasil penelitian, bahwa bagi pemakai oil treatment sebaiknya dalam memilih produk tersebut tidak terpengaruh oleh harga. Pasalnya, harga yang mahal ternyata tidak menjamin kualitas yang baik.

Ghulam Oil treatment merek Jumbo buatan Amerika, yang bisa digunakan untuk campuran oli mesin sepeda motor.



 

Penulis: Ghulam Muhammad Nayazri
Editor : Agung Kurniawan

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending