Otomania / Teknologi

"Air Circulator" Daihatsu Sigra Teknologi Pertama di Dunia

Toyota.co.id Proses kerja Air Circulator pada Calya dan Sigra

Sentul, Otomania - Bermain di kelas moibl murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) Daihatsu Sigra memiliki beberapa fitur unik. Salah satunya adalah air circulator yang berguna sebagai pendingin udara di baris kedua dan ketiga.

Fitur ini dirancang khusus untuk duet Sigra dan Calya, bahkan Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatkan bahwa air circulator merupakan fitur terbaru di dunia yang baru digunakan untuk MPV LCGC tersebut.

"Kita pakai air circulator yang fungsinya sama saperti AC double blower. Udara kabin tetap dingin, fitur ini adalah yang pertama di dunia, kita (Daihatsu) yang pakai," ucap Amel dalam sesi media tes drive Sigra di Sentul, Jawa Barat, Selasa (16/8/2016).

Menurutnya dengan fitur ini Daihatsu bisa menciptakan mobil yang tetap nyaman dengan harga yang lebih terjangkau. "Kalau kita pakai double blower sudah pasti harganya tidak akan kompetitif. Harga mobilnya akan lebih mahal dan tidak terjangkau," kata Amel.

Bicara soal fungsi, air circulator sama dengan AC double blower untuk mendinginkan kabin. Namun, cara kerja air circulator adalah menghisap saluran udara pada baris pertama melalui kipas untuk disalurkan ke kabin belakang dari ventilasi pada atap kabin.

Ist Toyota Calya tidak menggunakan "double blower" tapi air circulator alias kipas angin.

Sebenarnya banyak keuntungan lain yang didapat dengan menggunakan fitur ini. Contohnya tidak memakan banyak ruang sehingga membuat sektor head room terkesan sempit.

Meddy Hamdhani, Planning Division R&D Astra Honda Motor (ADM) mengatakan kipas yang digunakan pada air circulator bekerja seperti sistem penghisap udara yang tidak berpengaruh pada sisi performa mesin.

"Beda dengan AC, untuk kipas air circulator bekerja sendiri dari aliran listrik seperti saat menyalakan audio saja, tidak sama sekali berpengaruh pada performa mesin seperti AC," ucap Meddy kepada Otomania di waktu yang sama.

Penulis: Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending