Otomania / Tes

Konsumsi BBM Piaggio Medley Berteknologi "i-get"

Otomania/Setyo Adi Konsumsi BBM Piaggio Medley 150 ABS

Jakarta, Otomania - Segmen Skutik premium kembali ramai dengan kehadiran Piaggio Medley 150 ABS. Motor yang mengusung mesin 150 cc dengan teknologi i-get (Italian Green Experience Technology) diklaim ampuh mengolah bahan bakar lebih baik yang membuatnya bukan hanya bertenaga, tapi juga irit bahan bakar.

Berdsarakan hal tersebut, Otomania  menjajal secara singkat konsumsi bahan bakar Medley ketika digunakan dalam kota selama beberapa hari. Setelah mendapatkan unitnya, langsung odometer jarak tempuh direset hingga posisi 0 km.

Sayangnya, meski sudah dilengkapi odometer canggih, namun Skutik seharga Rp 44,2 juta ini belum dilengkapi average konsumsi bahan bakar. Alhasil metode pengujian dilakukan dengan cara manual, yakni full to full.

Otomania/Setyo Adi Piaggio Medley 150 ABS

Untuk pengisian pertama, jumlah BBM yang masuk ke tangki Medley mencapai 4,08 liter dengan biaya mencapai Rp 30.000. Setelah itu, perjalanan pun dimulai dengan satu penumpang dengan bobot 64 kg.

Pola berkendara lebih cenderung santai, namun sesekali grip gas juga dipelintir habis untuk marasakan respon dan performa atasnya. Pada jalan lenggang di malam hari, Otomania sempat membesut Medley hingga mencapai kecepatan 110 kpj.

Adanya fitur start stop engine sangat membantu Medley ketika menghadapi lampu merah yang cukup lama. Puas dua hari menjadikan Medley sebagai motor operasional dengan jarak tempuh hingga 60 km, akhirnya Otomania menyudahi pengetesan konsumsi BBM.

Jarum indikator BBM ternyata belum menyusut, hanya bergeser sedikit, dan setelah diisi ulang ternyata bahan bakar yang masuk tidak sebanyak saat awal.

Stanly/Otomania Konsumsi BBM Piaggio Medley 150 ABS

Total hanya 2,106 liter bahan bakar dengan biaya Rp 17.684. Setelah dihitung, ternyata menempuh jarak 60 km menggunakan Medley tidak sampai menghabiskan BBM hingga tiga liter.

Bila dijabarkan, jarak 60 km dibagi dengan total bensin yang digunakan (2,106 L) hasilnya mencapi 28, 6 kpl. Artinya, 1 liter bensin mampu mengantarkan Medley berjalan hingga 28,6 km.

Penulis: Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending