Otomania / Teknologi

Mengenal Teknologi Mesin Dual VVT-i

Stanly/Otomania Daihatsu Sigra R Deluxe

Jakarta, Otomania - Sejumlah mobil Daihatsu dan Toyota keluaran terbaru sudah mengadopsi teknologi mesin Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligent). Berkat teknologi itu, jantung pacu menjadi lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.

Mengutip situs resmi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), sistem tersebut terdapat pada kepala silinder dan merupakan mekanisme pengatur waktu bukaaan katup pada mesin.

Mesin sekarang tersedia sistem 4-stroke memiliki katup masuk (intake), dan buang (exhaust) untuk mengontrol aliran udara dan bahan bakar masuk ke ruang bakar, sekaligus hasil pembakaran keluar menuju knalpot.

Berkat penerapan teknologi tersebut, waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuakan dengan kebutuhan mesin. Sistem ini awalnya diaplikasikan pada katup masuk saja, namun seiring berkembangnya zaman, katup buang pun ikut dikontrol.

Keunggulannya, sistem kontrol udara masuk, atau gas buang pada segala kondisi, menjadikan kerja mesin jauh lebih baik. Contoh, ketika mesin dinyalakan, pengaturan dimaksimalkan agar jantung pacu segera mendapatkan suhu ideal.

Keuntungan lainnya, tenaga dan torsi mesin akan tersedia dalam segala kondisi. Bahkan, catalitic converter, suhu juga lebih cepat panas, sehingga mampu bekerja maksimal menyaring gas buang agar hasilnya ramah lingkungan.

Penulis: Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending