Otomania / Tes

Pajero Sport Exceed 4x2 Jalan-jalan ke Way Kambas

Otomania/Setyo Adi All New Pajero Sport Exceed 4x2

Jakarta, Otomania – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) kembali memberikan kesempatan untuk media menjajal produk SUV All New Pajero Sport. Kali ini pengetesan dilakukan bersamaan dengan undangan menghadiri peresmian bengkel bodi dan cat Mitsubishi Bandar Lampung.

Mitsubishi menyediakan empat unit All New Pajero Sport untuk di coba yakni Dakar 4x4, Dakar 4x2 dan Exceed 4x2. Perjalanan dimulai Minggu pagi menuju pelabuhan Merak dari kawasan Jakarta Selatan.

Varian All New Pajero Sport 4x2 Exceed jadi pilihan Otomania untuk dijajal ke tanah Sang Bumi Ruwa Jurai. Kenapa memilih varian ini akan Otomania jelaskan di akhir tulisan.

Dimensi

Tiba di pelabuhan Merak, rombongan secara bergiliran memasuki dek kapal. Untuk menuju parkir mobil penumpang di bagian atas rombongan harus memutar dan menaiki tanjakan di dek atas.

Meski dimensi fisiknya cukup besar Pajero Sport Exceed mampu bermanuver dengan mudah. Cukup sekali putaran dapat dilakukan mobil ini meski parkiran dek bawah cukup padat dengan truk besar, tanjakan menuju dek atas bisa dilibas santai.

Tantangan baru dimulai setelah tiba di pelabuhan Bakaheuni. Rombongan yang sebelumnya belum memiliiki rencana akhirnya memutuskan untuk mengunjungi taman nasional Way Kambas, Lampung Timur.

Selepas dari Bakaheuni, rombongan langsung berbelok kanan melewati jalur lintas timur Sumatera. Jalur lintas ini menjadi habitat truk pengangkut komoditas dan menjadi tantangan bagi rombongan menjajal performa SUV Mitsubishi Pajero terbaru.

Performa

Di balik kap mesin Exceed terdapat mesin 4D56 2.5 L Commonrail Turbocharged Intercooled DOHC alias mesin Pajero lawas. Mesin ini ditemani tranmisi matik lima percepatan

Diatas kertas mesin lama ini menawarkan tenaga 135 tk di putaran 4.000 rpm. Tenaga ini cukup mumpuni melibas jalur pantai timur Sumatera yang banyak memiliki tanjakan curam dan kelokan. Asupan di putaran bawah memang sedikit minim namun melimpah di putaran tengah dan atas.

Transmisi otomatis lima percepatan dengan fitur manual pemindah gigi juga jadi jagoan selama perjalanan ini. Otomania yang berada di mobil paling belakang rombongan dengan mudah melewati rombongan truk yang berjalan lamban dan menyusul rombongan jika tertinggal

Handling

Di bagian kaki-kaki Exceed 4x2 ini disematkan suspensi double wishbone tipe coil spring untuk depan dan 3 link rigid axle di bagian belakang. Ini sama dengan dua varian teratas lainnya sehingga tidak ada yang membedakan dari sisi kenyamaan.

Jalur lintas Timur sejak awal hingga kota Sukadana menyajikan kontur jalan yang tidak rata dan penuh lubang. Jika menggunakan mobil lain kita harus memilih-milih bagian jalan yang lebih halus dengan Pajero Sport ini dengan mudahnya disambut layaknya seorang kawan.

Manuver saat berbelok juga cukup nyaman, jarang dirasakan body roll berlebihan. Penggunaan suspensi ini dengan bodi desain baru berhasil memberikan kenyamanan lebih pada SUV ini.

Catatan khusus hadir dari sistem pengereman yang di bagian depan menggunakan cakram dan drum di bagian belakang. Pengereman ini dirasa kurang meyakinkan. Meski demikian pujian patut diberikan karena sudah menyediakan fitur ABS dan EBD di model ini.

Interior

Selama menuju Way Kambas kenyamanan dalam kabin Exceed 4x2 diberikan langsung oleh desain jok yang nyaman dengan bahan fabric pilihan. Selain minus panoramic roof dan bahan jok tidak ada perbedaan lain dari model ini dengan varian di atasnya.

Hiburan cukup lengkap hadir dari head unit double din dengan layar sentuh sebesar 6,5 inci. Pusat hiburan ini bisa memutar media DVD, CD, MP3 juga koneksi Bluetooh dari gawai bawaan penumpang.

Selain itu tipe ini juga hadir dengan kamera belakang untuk memudahkan parkir mundur. Fitur lengkap untuk varian tengah Pajero Sport.

Otomania/Setyo Adi All New Pajero Sport tiba di Way Kambas

Kesimpulan

Alasan Otomania menjajal Exceed 4x2 sebenarnya karena sudah pernah menjajal varian Pajero Sport dengan mesin terbaru 4N15 yang diatas kertas unggul jauh dari mesin lama. Rasa penasaran menyeruak ingin mengetahui alasan Mitsubishi masih menjual mesin lama dengan tampilan baru.

Jawaban tersebut ditemukan dalam pengujian ini. Model ini ditujukan untuk yang mengidamkan Pajero sejak lama namun dengan dana terbatas. Beda Rp 50 juta dengan varian Dakar tidak bisa dibilang kecil. Selain itu bagi pengguna yang telah mempercayakan mesin lama yang sudah teruji, tidak memerlukan tambahan fitur canggih, model ini pilihan yang paling pas.

Pajero Sport Exceed 4x2 ditawarkan dengan banderol Rp 446 juta on the road Jabodetabek. Varin ini memberikan tenaga, handling dan kenyamanan yang terbilang mencukupi dan tidak kalah dibanding varian di atasnya.

Dari tampilan nyaris tidak ada perbedaan, semua dengan desain terbaru All New Pajero Sport. Ini bisa menjadi alasan untuk calon konsumen yang menginginkan Pajero sejak lama melirih model ini.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending