Otomania / Produk

Cakram Belakang CBR250RR Bergelombang, Ini Fungsinya

Otomania/Setyo Adi REm belakang Honda CBR 250 RR


Jakarta, Otoamania – Perangkat pengereman adalah salah satu perangkat penting di kendaraan. Utamanya roda dua, perangkat ini terkadang bisa jadi sasaran modifikasi peningkat gaya.

Salah satu produk terbaru yang menggunakan perangkat rem cakram adalah Honda All New CBR250RR. Perhatian tertuju pada rem belakang motor sport ini yang menggunakan cakram berbentuk gelombang ketimbang cakram model bulat.

Kenapa memilih bentuk cakram seperti ini? Sriyono dari Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) mengungkapkan pemilihan bentuk cakram ini tentu disesuaikan dengan spesifikasi sepeda motor dan punya tujuan.

“Itu namanya Wave type disc. Tentu punya tujuan dalam penggunaannya, salah satunya mengurangi bobot cakram dibanding model konvensional (bundar). Selain itu tampilannya lebih futuristik,” ucap Sriyono saat dihubungi Otomania, Kamis (23/12/2016).

Soal performa tidak ada pengaruh antara cakram model gelombang dan bundar. Performa pengereman tidak dilihat dari bentuk cakram namun dari beberapa komponen pengereman.

“Ada jumlah piston rem dan kampas rem yang lebih berpengaruh pada performa pengereman. Selain itu diameter cakram juga memiliki pengaruh, bukan ke bentuk,” ucap Sriyono.

CBR250RR memiliki cakram berdiameter 310 mm di depan dan 240 mm di belakang. Ukuran ini diklaim yang paling besar di kelasnya.

Melihat spesifikasi perangkat pengereman tersebut, pengendara motor sport ini akan bergantung pada pengereman depan dibanding pengereman belakang.

“Semuanya sudah dipikirkan dengan baik untuk performa, bobot dan keamanan. Jadi tidak hanya bentuk tapi juga kinerjanya sesuai dengan performa mesin CBR250RR,” pungkas Sriyono.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending