Otomania / Tips N Trik

Cara Akurat Deteksi Tenaga Aki

Kamis, 5 Januari 2017 | 13:45 WIB
 Cara Akurat Deteksi Tenaga AkiStanly/Otomania Multimeter cek aki

Jakarta, Otomania - Aki menjadi salah satu komponen penting bagi sepeda motor. Namun keberadaannya sering kali disepelekan tanpa ada perawatan dan perhatian khusus.

Ketika starter sudah bermasalah, pengguna motor baru mulai mengecek kondisi aki. Nah, untuk mempermudah pengecekan kondisi aki, saat ini ada alat canggih berupa multimeter yang bisa mendeteksi daya tanpa perlu melepas aki dari sarangnya.

"Penggunaanya simple, cukup tempel kabel positif-negatif ke panel yang sama di aki, lalu alat ini akan mendeteksi kondisi aki," ujar Slamet dari bengkel Selta Motor di Jakarta Timur kepada Otomania, Senin (2/1/2017).

Setelah kabel positif-negatif ditempel, maka secara otomatis multimeter akan bekerja untuk mengukur voltase aki. Hasilnya, bisa langsung dilihat melalui kertas print layaknya mesin electronic data capture (EDC) ketika anda melakukan pembayaran dengan debet ATM.

Stanly/Otomania Multimeter cek aki

"Alat ini juga berguna untuk memastikan apakah aki yang bermasalah atau sektor lain. Biasanya aki yang bagus muatannya antara 13,0-13,2 volt, kalau dicek masih diangka tersebut, berarti yang salah bukan aki tapi komponen lain," ucap Slamet.



Penulis:
Editor : Azwar Ferdian