Otomania / Modifikasi

Perbaikan Kunci Kontak yang Longgar

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Susah menyalakan mobil, analisa dulu penyebabnya.

Jakarta, Otomania – Kunci kontak motor atau mobil menjadi bagian penting dalam kendaraan. Tanpa kunci, motor atau mobil tidak dapat dioperasikan untuk kegiatan sehari-hari.

Salah satu masalah yang kerap hadir pada bagian kunci adalah kunci mudah terlepas dari rumahnya atau istilahnya los. Ini bisa terjadi karena pemakaian.

“Kebanyakan karena usia pakai. Saat posisi ON kunci yang harusnya tidak dapat dicopot dari rumah kunci bisa terlepas. Ini berbahaya karena kunci bisa jatuh di jalan dan hilang,” ucap Asen dari Afel Variasi MGK saat ditemui beberapa waktu lalu.

Salah satu jalan keluar adalah membawa kunci tersebut ke ahli kunci untuk perbaikan. Bagian dalam rumah kunci, terutama bagian gigi mekaniknya, harus ditinggikan 0,5 milimeter. 

“Ini biar kunci dapat tersangkut. Bisa juga dibuat anak kunci baru dengan mencontoh yang lama lalu cetakannya sedikit ditinggikan,” ucap Asen.

Selain itu untuk mencegah kunci mudah terlepas, Asen menyarankan untuk tidak menggantung benda berat dengan anak kunci. Misal dompet STNK dan gantungan kunci yang berat. Selain itu untuk perawatan jangan lupa memberi cairan penetran bila dirasa kunci sudah seret.

Biaya perubahan kunci ini berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu rupiah.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending