Otomania / News

Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia Mulai Bulan Depan

Dok Pemprov Sumatera Selatan Denah rencana Sirkuit MotoGP di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Sirkuit ini rencananya akan dibangun mulai 2017 dan bisa menjadi tuan rumah MotoGP pada 2018. Gambar diambil dalam pertemuan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan Chief Designer Herman Tilke Gmbh & Co, Ulrich Merres, di Sepang, Malaysia, Sabtu (29/10/2016). Dorna adalah penyelenggara MotoGP Sepang, sementara Herman Tilke Gmbh & Co merupakan perancang sirkuit di Palembang.

Jakarta, Otomania – Sirkuit Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), tidak lama lagi bakal jadi wajah Indonesia di mata olahraga balap dunia. Lahan 120 hektar yang sudah disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel buat pembangunan sirkuit itu bakal mulai digarap pada Februari 2017.

Seluruh persiapan sedang dilakukan, termasuk dari tim perancang Sirkuit Jakabaring, Tilke GmbH. Keterangan baru dari Sekretaris Jendral Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jeffrey JP, tim perusahaan asal Jerman yang didirikan desainer sirkuit ternama Hermann Tilke itu bakal mengunjungi Jakabaring pada 26 – 28 Januari 2017.

Baca: Insinyur Jerman Siap Rancang Sirkuit MotoGP Indoenesia 

Kunjungan akan membahas soal detail dari masterplan yang sudah disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin ke pihak Dorna di Sepang, Malaysia, pada Oktober 2016. Tim Tilke bakal bertemu dengan Pemprov dan instansi terkait untuk memulai membahas teknis pembangunan.

“Mereka akan berkordinasi, pada Februari pembangunannya akan dimulai,” kata Jeffrey via telepon, Selasa (10/1/2017).

Jika semua berjalan sesuai rencana, maka Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP setelah lebih dari 20 tahun absen. Terakhir, Sirkuit Sentul di Bogor menggelar Indonesian Gran Prix pada 1997. 

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending