Otomania / Sport

IMI Kawal MotoGP Indonesia 2018

Rabu, 11 Januari 2017 | 12:35 WIB
IMI Kawal MotoGP Indonesia 2018Dok Pemprov Sumatera Selatan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kiri) berdiskusi dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan Chief Designer Herman Tilke Gmbh & Co, Ulrich Merres, tentang rencana pembangunan Sirkuit MotoGP di Palembang, di Sepang, Malaysia, Sabtu (29/10/2016). Dorna adalah penyelenggara MotoGP Sepang, sementara Tilke Gmbh & Co akan menggarap rancangan desain Sirkuit MotoGP di Palembang.

Jakarta, Otomania – Sebagai pemersatu seluruh kegiatan olahraga otomotif di dalam negeri, Ikatan Motor Indonesia (IMI) bakal menyukseskan gelaran MotoGP yang rencananya digelar di Sirkuit Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, tahun depan.

IMI yang terafilisasi dengan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) akan membantu sebagai fasilitator dan regulator. Menurut Sekretaris Jendral IMI Jeffrey JP, pihaknya bakal juga membantu dari sisi administrasi.

Langkah awal yang sudah dilakukan IMI, mengawal pertemuan antara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dengan FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) dan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP. Pertemuan itu telah terjadi pada Oktober 2016 lalu di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dok Pemprov Sumatera Selatan Penampang rencana lokasi Sirkuit MotoGP di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Sirkuit ini rencananya akan dibangun mulai 2017 dan bisa menjadi tuan rumah MotoGP pada 2018. Gambar diambil dalam pertemuan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan Chief Designer Herman Tilke Gmbh & Co, Ulrich Merres, di Sepang, Malaysia, Sabtu (29/10/2016). Dorna adalah penyelenggara MotoGP Sepang, sementara Herman Tilke Gmbh & Co merupakan perancang sirkuit di Palembang.
Pemetaannya sekarang, tim perancang, Tilke GmbH, bakal mengunjungi lokasi Sirkuit Jakabaring pada akhir Januari ini untuk memulai pembahasan detail rencana pembangunan. Pada Februari pembangunan bakal dimulai dan membutuhkan waktu satu setengah tahun.

MotoGP Indonesia diperkirakan akan digelar pada Oktober atau November 2018.

“Pasti dari sisi administrasi kami akan mendukung, perizinan berkaitan dengan FIM akan IMI fasilitasi untuk menindaklanjuti kebutuhan bagian internasional. Misalnya juga, SK (Surat Keputusan) IMI akan digunakan untuk perizinan ke Mabes Polri,” ucap Jeffry, Selasa (10/1/2017).

Menurut Jeffrey, eksekutor penyelenggaraan akan dilakukan oleh pemerintah daerah Sumsel dengan panitia yang ditunjuk. IMI berperan sebagai pembina yang mengarahkan. 



Penulis:
Editor : Azwar Ferdian