Otomania / Produk

Penjelasan Sistem Keyless Suzuki GSX-R 150

Suzuki Indomobil Sales (SIS) Posisi rumah kunci (main switch) sistem keyless ignition system pada Suzuki GSX-R 150.

Jakarta, Otomania – Salah satu kelebihan fitur yang dimiliki Suzuki GSX-R 150 yaitu menggunakan sistem keyless ignition system. Fitur ini diklaim Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai yang pertama di kelas sepeda motor sport 150cc.

Menurut penjelasan SIS lewat video yang dirilis, Senin (23/1/2017), sistem keyless membantu pengoperasian motor menjadi lebih mudah. Sistem keyless terdiri dari dua komponen utama, yaitu kunci remote dan anak kunci.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) Knob putar pada rumah kunci (main switch) merupakan anak kunci yang dipakai untuk membuka tangki bahan bakar dan jok boncenger.
Biasanya pada mobil dengan sistem keyless, anak kunci kontak tersimpan menyatu dengan kunci remote. Namun pada GSX-R 150, anak kunci terpasang pada rumah kunci (main switch) yang letaknya di dekat tangki bahan bakar.

Bentuk anak kunci itu seperti knob, jadi pengoperasian ke posisi on, off, atau mengunci setang tinggal diputar. Anak kunci itu juga bisa dicopot jika biker ingin membuka penutup tangki bahan bakar dan jok boncenger.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) Desain kunci remote pada sistem keyless ignition system pada Suzuki GSX-R 150.

Cara menggunakan

Sistem keyless mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi maka biker bisa menyalakan mesin. Bila kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis esin motor akan langsung mengunci.

Ketika anak kunci diputar ke posisi off dan sistem gagal melakukan identifikasi karena remote rusak atau hilang maka lampu indikator LED berwarna biru akan mulai berkedip maksimum 30 detik. Selama itu anak kunci masih bisa diputar ke posisi on.

Setiap kunci remote memiliki nomor identitas. Saran SIS nomor identitas itu lebih baik dicatat dan rahasiakan lalu disimpan di tempat aman.

Aditya Maulana - Otomania Suzuki GSX dengan aksesori resmi
GSX-R 150 juga memiliki fitur tambahan keamanan yaitu Answer Back. Fitur yang dioperasikan dari kunci remote ini bisa membuat motor mengeluarkan sinyal lampu dan suara jadi memudahkan pencarian di parkiran.

Berikut video lengkapnya:

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending