Otomania / Tips N Trik

Perawatan Mudah Sokbreker Mobil

Febri Ardani/KompasOtomotif Sokbreker Grand New Avanza di bagian belakang direbahkan sebagai bagian dari perbaikan kaki-kaki.

Jakarta, Otomania.com – Perangkat suspensi atau sokbreker pada mobil menjadi tumpuan utama untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan. Tugasnya meredam ayunan bodi mobil saat berjalan di berbagai kontur jalan.

Fungsinya yang cukup penting ini membuat sokbreker membutuhkan perawatan. Menurut Agun dari FCS Absorber, Arteri Kelapa Dua, Permata Hijau, perawatan sok breker cukup sederhana.

“Perawatannya dengan menjaga kebersihan. Terutama pada bagian sil damper pada sok,” ucap Agun saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menjaga kebersihan membuat kotoran tidak merusak sil dan bagian as tetap terlindung. Beberapa kasus parah sil sampai hancur dan as terlihat dari luar.

Bila karet sil hilang kemungkinan kotoran bisa masuk ke sela as sokbreker. Sok yang terus menerus bergerak akan membuat kotora bergesekan. Disini kemudian oli sok merembes keluar dan mengurangi kemampuan sok.

“Tandanya ada bekas oli di bagian luar tabung. Ini tandanya sil sudah kena. Biasanya harus segera diperbaiki sekaligus mengganti oli sok juga menambah tekanan gas,” ucap Agun.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending