Otomania / Feature

Bentrokan Suzuki Ignis dengan Renault Kwid

Istimewa Suzuki Ignis Vs Renault Kwid

Jakarta, Otomania.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) boleh saja bilang Ignis tidak punya pesaing di dalam negeri, namun di pasaran ada produk sejenis yang dijual lebih murah yaitu Renault Kwid. Keduanya sama-sama diproduksi di India, punya desain crossover, dan memiliki ground clearance 180 mm.

Dari ukuran bodi, Ignis lebih besar. Dimensi Ignis, panjang 3.700 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.595 mm. Sedangkan Kwid lebih pendek 21 mm, lebih kecil 81 mm, dan lebih rendah 117mm. Keempat roda Ignis memakai pelek kelir hitam 15 inci sedangkan Kwid memakai pelek kaleng dengan penutup ukuran 13 inci.

Stanly/KompasOtomotif Suzuki Ignis AGS

Mesin

Kwid hanya dijual satu varian, 1.0 SCe yang menggunakan mesin 3-silinder 999cc bertenaga 68 PS dan torsi 91 Nm. Cuma ada satu pilihan transmisi, manual 5-percepatan dengan synchomesh, yang mengalirkan tenaga ke roda depan.

Ignis juga berpenggerak roda depan namun memakai mesin lebih besar, 4-silinder berkapasitas 1.197cc dengan tenaga 83 PS dan torsi 113 Nm. Tersedia dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS) seperti Karimun Wagon R.

Setyo Adi Nugroho - Otomania.com Renault Kwid

Fitur

Harga Ignis yang lebih mahal mendapat kompensasi fitur lebih banyak. Pada varian terendah, GL M/T, sudah dilengkapi kantong udara buat pengemudi dan penumpang depan, ISOFIX, electronic brake-force distribution, serta anti-lock braking system (ABS).

Semua fitur itu tidak ada pada Kwid. Kelengkapan keselamatannya yaitu sabuk pengaman hanya untuk pengemudi, immobilizer, dan lampu kabut (Ignis GL M/T tidak punya).

Harga

Ignis terdiri dari tiga varian, yaitu GL M/T Rp 139,5 juta, GLX M/T Rp 159,5 juta, dan GLX AGS Rp 169,5 juta. Sedangkan Kwid 1.0 Sce yang meluncur pada November 2016 bisa didapat dengan harga Rp 117,7 juta. 

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending