Otomania / Tips N Trik

Alasan Tabung Radiator Suzuki GSX Ada di Bawah

Febri Ardani/Otomania Posisi botol water coolant Suzuki GSX-R 150 jadi kelihatan jika fairing-nya dibuka

Jakarta, Otomania.com – Ada yang cukup menarik perhatian pada GSX-S 150 saat Otomania gunakan pada perjalanan Jakarta Purwokerto beberapa hari lalu. Jika diperhatikan pada bagian fairing bawah motor sport ini menyimpan wadah reservoir untuk pendingin mesin.

Otomania sempat melihat wadah ini beberapa waktu lalu pada GSX-R 150 yang tengah dicopot fairingnya. Letaknya yang tidak biasa ini tentu mengundang tanya.

Dadan, Divisi Teknik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang turut ikut bersama rombongan menjelaskan penempatan wadah reservoir itu termasuk dalam desain GSX 150 series. Tujuannya untuk membuat bentuk kendaraan semakin ramping.

“Letak reservoir tank untuk cairan pendingin mesin ada di bawah sebelah kiri. Ini semata-mata untuk membuat desain motor semakin ramping baik di GSX-R maupun GSX-S sama,” ucap Dadan beberapa waktu lalu.

Dadan membandingkan posisi tabung milik Inazuma yang berada di atas membuat bentuk motor sport tersebut besar di atas. Posisi tabung di bawah membuat lebar GSX-R hanya 700 mm dan GSX-S 745 mm.

Posisi di bawah tentu mengkhawatirkan karena dekat dengan aspal. Oleh karena itu Suzuki memberikan pelindung berupa besi serta pemasangan fairing dan undercowl tadi. Selain itu ukuran ground clearance GSX-R 160 mm dan GSX-S 155 mm aman melintasi beragam kontur jalan.

Febri Ardani/Otomania Botol water coolant Suzuki GSX-R 150 jadi terlihat jika fairing-nya dibuka.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending