Otomania / Tips N Trik

Cara Atur "Shift Light Indicator" Suzuki GSX 150

Otomania/Setyo Adi Speedometer digital Suzuki GSX-S 150

Jakarta, Otomania.com- Speedometer pada GSX 150 baik yang R maupu S sudah menggunakan digital multi information display. Dalam layar LCD tersebut terdapat beberapa fitur yang mampu membantu pengendara mengetahui kondisi motor seperti odometer, trip A dan B serta pemakaian konsumsi bahan bakar rata-rata.

Salah satu yang menonjol adalah hadirnya penunjuk penggantian transmisi atau disebut voluntarines atau yang lebih familiar dengan shift light indicator. Pada speedometer GSX ditunjukkan dengan tanda petir dan kedipan di sebelah kanan kotak speedometer.

“Itu bukan membatasi mesin, hanya sebagai pengingat untuk mengganti gigi transmisi pada putaran mesin tertentu agar tenaga dan konsumsi bahan bakar sesuai keinginan. Itu bisa diatur sesuai gaya berkendara,” ucap Dadan, Divisi Teknik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu lalu.

Menurut Dadan, pengaturan putaran mesin dapat diatur di atas angka 3.000 rpm sampai 11.500 rpm. Di bawah itu, tidak bisa dilakukan penyesuaian.

Lantas bagaimana cara menyesuaikannya? Cukup mudah hanya dengan mengatur melalui dua tombol yang ada di speedometer yakni tombol SEL di kiri dan ADJ di kanan.

Langka pertama posisikan kontak ke posisi ON. Mesin tidak perlu menyala. Setelah itu usahakan tampilan speedometer pada menu informasi odometer dengan menekan tombol SEL.

Setelah tiba di tampilan odometer, tekan beberapa saat tombol SEL hingga angka odometer hilang dan berganti menjadi pilihan untuk shift light ini. Pilihan pertama kosong, artinya lampu penunjuk mati, pilihan kedua lampu menyala terus, ketiga lampu berkedip. Gunakan tombol ADJ untuk memilih. Setelah memilih tekan tombol SEL satu kali.

Kedua, tekan ADJ untuk mengatur kapan lampu akan menyala antara 3.000 rpm sampai 11.500 rpm. Menurut Dadan, untuk yang gemar mendapatkan tenaga maksimal bisa di set pada putaran 11.000 rpm. Untuk yang gemar berkendara irit bisa di set di putaran 5.000 rpm. Setelah selesai tekan tombol SEL satu kali.

Speedometer akan kembali menampilkan menu odometer. Setelah itu tinggal mencoba dengan menyalakan mesin dan menggeber sesuai angka rpm yang diinginkan tadi maka shift light akan menyala.

“Pokoknya jangan takut untuk mencoba speedometer ini. Silahkan dipencet untuk dicari fungsinya. Tidak akan membuat motor rusak,” ucap Dadan.

 

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending