Otomania / Feature

Bahan Renungan Transisi Datsun-Nissan [Galeri Foto]

Febri Ardani/Otomania Datsun 280ZX produksi 1983. Model ini jadi transisi peralihan Datsun ke Nissan

Jakarta, Otomania.com – Nama Datsun pernah menghilang dari jagad otomotif lalu diganti menjadi Nissan pada 1986. Mendekati tahun itu masa-masa transisinya terjadi, bukti sejarahnya terlihat pada sosok mobil sport 2-pintu Datsun 280ZX yang sempat mejeng di acara ulang tahun Datsun Indonesia di Yogyakarta, pada Sabtu (13/5/2017).

Sayangnya, pemilik mobil yang dikirim dari Surabaya itu tidak hadir di acara. Jadinya, informasi soal identitas mobil yang juga dijual di negara lain dengan nama Fairlady Z ini tidak bisa dikorek banyak.

Febri Ardani/Otomania Datsun 280ZX

Walau begitu, sosoknya sendiri sebenarnya bisa bercerita banyak kisah. Datsun 280ZX merupakan generasi kedua model Z yang punya profil kap mesin memanjang dan desain fastback. Selain itu, sistem gerak roda belakang, bentuk kap mesin yang unik dan mata bulat masih dibawa dari desain model Z sebelumnya.

Febri Ardani/Otomania Datsun 280ZX menggendong mesin 6-silinder segaris 2.8L.
Mobil yang lagi nongkrong jadi pusat perhatian ini kelahiran 1983, tandanya bisa dilihat dari panel T-top pada bagian atap yang bisa dicopot. Mesinnya L28E, 6-silinder, 2.8L, dengan lambang “Nissan” pada bagian atasnya. Datsun 280ZX merupakan mobil penumpang Datsun pertama yang memakai lambang Nissan.

Rasanya hampir semua bagian tubuhnya masih orisinil, kecuali ban. Mesinnya masih hidup dan bisa dibawa jalan. Di kabin, semuanya juga terlihat masih seperti aslinya. Urusan hiburan masih mengandalkan kaset.

Orisinalitas Datsun 280ZX bisa jadi bahan renungan buat pemilik atau penggemar Datsun modern. Biar lebih tahu banyak kondisi mobil ini, silahkan klik galeri berikut

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending