Otomania / Produk

Bobot Civic "Hatchback" Lebih Berat Dibanding Sedan

Febri Ardani/Otomania.com Honda Civic Turbo hatchback

Jakarta, Otomania.com – Dimensi lebih mungil ternyata tidak membuat bodi hatchback 5-pintu Civic lebih enteng daripada sedan 4-pintu. Secara keseluruhan, menurut penjelasan New Civic Assistant Project Leader Honda R&D.,Ltd, Automobilke R&D Center Hiroshi Ito, hatchback lebih berat 13 kg ketimbang sedan.

Dari ukuran dimensi, hatchback lebih pendek 129mm dari sedan, selain itu lebih rendah 5mm, sedangkan lebarnya sama. Namun yang bikin hatchback berat yaitu memakai kaca lebih besar pada bagian pintu belakang.

Dijelaskan Hiroshi, karena kehadiran kaca itu bikin desain hatchback diberi penguatan pada beberapa titik. Jika dilihat lebih dekat, dimensi kaca belakang itu memang besar, dari spoiler atas sampai melewati spoiler belakang.

Febri Ardani/Otomania.com Honda Civic Turbo hatchback
Kendati lebih berat, hatchback dikatakan lebih lincah ketimbang sedan. Hiroshi mengatakan rasa sporty pada hatchback lebih tinggi dari sedan. Keunggulan sedan pada bagian aerodinamika yang dilihat numerik lebih bagus dari hatchback.

“Dari sisi sporty, hatchback (unggul dari sedan). Karena bobotnya di belakang, titik pusat gravitasinya lebih di dorong ke depan. Dari penjelasan itulah makanya 5-pintu dibuat Type R,” ucap Hiroshi, usai peluncuran Civic hatchback  di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Selain itu, rancangan kaki-kaki dan kemudi hatchback juga dibuat berbeda. Desainnya mengejar rasa sporty lebih tinggi. 

Autoexpress Honda Civic Type R terbaru hadir di Geneva Motor Show 2017.

Febri Ardani/KompasOtomotif Honda Civic generasi ke-10 dijual di Indonesia sejak April 2016

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending