Otomania / Tips N Trik

Pemudik Siapkan Kartu e-toll Biar Tidak Ribet

(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com) Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik

Mojokerto, Otomania.com – Entah mengapa sampai sekarang masih banyak sekali masyarakat yang bertahan membayar akses jalan tol secara tunai. Padahal, saat ini sudah tersedia kartu e-toll yang sudah jelas tidak bikin ribet.

Membayar secara tunai di gerbang pintu tol membutuhkan waktu sekitar 8 detik. Selama itu dibutuhkan untuk mobil berhenti di gerbang tol, pengemudi menyerahkan uang, lalu petugas menyerahkan kembalian dan karcis atau tanda bukti pembayaran.

Lamanya transaksi tunai di gerbang tol merupakan kerap jadi alasan utama terjadi kemacetan di akses keluar jalan tol.

(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com) Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama
Pembayaran e-toll jauh lebih cepat sebab dilakukan di Gerbang Tol Otomatis (GTO) yang terpisah dari transaksi pembayaran tunai dan cuma butuh 2-3 detik. Mekanismenya, pengemudi berhenti di GTO, lalu menempelkan kartu e-toll di tempat yang sudah disediakan, begitu terekam maka karcis akan keluar dan pintu palang terbuka, pengemudi bisa melanjutkan perjalanan.

“Memang membayar tunai itu masih jadi budaya di masyarakat kita, padahal e-toll bisa bikin kita tidak perlu antre terlalu lama,” kata Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya, David Wijayatno, saat ditemui tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com, Sabtu (17/6/2017).

Keunggulan utama pemakaian e-toll yaitu akses cepat sebab dilakukan manual. Buat para pemudik yang ingin berkendara jauh menggunakan jalan tol, kartu e-toll sangat disarankan untuk digunakan.

Diskon

Khusus buat pengguna e-toll ada diskon khusus sebesar 20 persen pada H-3 hingga H+2 Hari Raya Lebaran atau pada 22-26 Juni 2017 dan pada H+4 hingga H+6 atau pada 30 Juni hingga 2 Juli 2017. Diskon ini hanya berlaku di ruas tol Jasa Marga dan kelompok usahanya. 

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending