Otomania / News

Ini Jalan Tol Fungsional yang Kondisinya Paling Baik

Garry Andrew Lotulung/Kompas.com BMW X3 Tim Merapah Trans-Jawa 2017 Kompas.com dan Otomania.com melintas di Jalan Tol Bawen-Salatiga yang akan difungsionalkan pada momen mudik 2017.

Surabaya, Otomania.com – Kondisi berbagai jalan tol yang siap difungsionalkan buat musim mudik pada tahun ini kebanyakan statusnya jalan darurat. Meski begitu, sudah ada satu yang kondisinya paling baik, yaitu Jalan Tol Bawen-Salatiga.

Jalan Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,56 km merupakan bagian Jalan Tol Semarang-Solo (72,5 km). Buat pemudik yang ingin mengarah ke Solo bahkan ke Surabaya, bisa memanfaatkan akses ini sebagai alternatif melintasi jalan nasional.

Jalan Tol Bawen-Salatiga bisa digunakan pemudik pada H-7 sampai H-7 Hari Raya Lebaran atau 18 Juni sampai 3 Juli 2017. Jalur ini berlaku dua arah selama 24 jam.

GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.Com BMW X3 di Jalan Tol Bawen-Salatiga

Beda seperti permukaan Jalan Tol Pejagan-Pemalang dan Batang-Semarang dengan lean concrete,  permukaan Jalan Tol Bawen-Salatiga sepenuhnya rigid. Kelengkapan seperti pembatas jalan, marka, rambu, dan penerangan sudah lengkap.

Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng Ali Zainal Abdidin menjelaskan, kondisi Jalan Tol Bawen-Salatiga sebenarnya sudah 100 persen, hanya tinggal menunggu peresmian yang diperkirakan pada Juli. Ruas ini dibuka selama mudik, namun kemudian bakal ditutup untuk pengujian laik fungsi sebelum akhirnya dioperasikan penuh. 

KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZES Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Jalan Tol Bawen-Salatiga diperkirakan bakal ramai dilintasi pemudik yang antusias dengan pamor keindahan Gerbang Tol Salatiga. Ali mengatakan pemudik dilarang berhenti di sekitar gerbang tol untuk mengambil foto. 

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending