Otomania / Tips N Trik

Tips Mengemudi yang Aman Ketika Mudik

KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Gebang tol Brebes Timur atau yang dikenal dengan Brexit, di tahun 2017 ini telah mengalami beberapa perbaikan, untuk menunjang arus mudik. Hingga Kamis, (15/6/2017) kondisinya semakin baik dengan penambahan beberapa loket, bahkan dengan fasilitas GTO.

Jakarta, Otomania.com - Masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan bermotor, khususnya mobil cukup banyak. Tetapi, perlu diingatkan selain kondisi mobil, yang harus diperhatikan, yaitu kesiapan fisik dari pengemudi.

Nah, sebelum berangkat pulang kampung, bagi pengemudi tidak ada salahnya untuk menyimak tips mengemudi aman dari pihak kepolisian Republik Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis di grup WhatsApp Operasi Ramadniya, Senin (19/6/2017), mengemudi aman bisa dimulai dari meminta perlindungan kepada Tuhan, selanjutnya kondisi fisik harus sehat, dan prima.

Selain itu, jangan memaksakan diri bila terasa lelah atau mengantuk. Jika mengalami hal itu, sebaiknya istirahat, dan buat pemudik wajib melakukan istirahat setiap empat jam sekali.

Hindari obat-obatan dan minuman beralkohol, jangan lupa mengecek kondisi kelayakan mobil, dan paling penting jangan melebihi muatan dan tidak menyalahi peruntukan kendaraan.

Selanjutnya, perhatikan dan patuhi rambu lalu lintas, serta disiplin ketika mengemudi. Tak kalah penting, yaitu lebih hati-hati jika cuaca hujan.

Terakhir, jika melewati jalan sempit, rusak atau berlubang, diharapkan tetap hati-hati dan konsentrasi penuh.

Penulis: Aditya Maulana
Editor : Agung Kurniawan

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending