Otomania / Tips N Trik

Pencegahan Jangan Sampai Mobil Terbakar

Ilustrasi mobil terbakarfunnyordie.com Ilustrasi mobil terbakar

Jakarta, Otomania.com - Pemilik mobil bisa melakukan pencegahan agar mobil tidak mendadak terbakar ketika dalam kondisi berjalan. Bahkan, caranya pun tergolong mudah, dan sangat umum untuk dilakukan.

Dijelaskan Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) paling utama rutin melakukan servis berlaka sesuai dengan rekomendasi dari masing-masing pabrikan. Jika terdapat masalah, bisa dengan mudah diketahui.

"Misalnya ada selang bensin atau oli bocor bisa diketahui, dan itu bisa meminimalisir terjadinya kebakaran pada mobil," ujar Iwan kepada Otomania.com melalui pesan singkat, Senin (10/7/2017).

Baca: Wajib Tahu Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Cara lain, lanjut Iwan jika pemilik mobil melakukan modifikasi khususnya bagian kelistrikan, harus memastikan bawa pemasangannya tidak mengalami masalah. Hal ini juga menjadi salah satu faktor utama terjadinya kebakaran.

"Kalau ada yang bermasalah itu potensinya cukup besar, apalagi jika bensin bocor, minyak, atau oli bocor bisa menetes ke knalpot dan bisa menimbulkan percikan api dan lain sebagainya," kata dia.

Menurut Iwan, kebakaran mobil bisa terjadi kapan dan dimana saja. Namun, kasus terbakar ketika mobil dalam posisi parkir, paling besar dikarenakan sistem kelistrikan yang bermasalah.

Penulis: Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending