Otomania / Tips N Trik

Faktor Eksternal Penyebab Mobil Terbakar

Sebuah mobil terbakar di Jalur Boyolali-Musuk, Kamis (19/1/2017)Kontributor Surakarta, M Wismabrata Sebuah mobil terbakar di Jalur Boyolali-Musuk, Kamis (19/1/2017)

Jakarta, Otomania.com - Kejadian mobil terbakar ketika sedang melaju di jalan raya masih sering terjadi. Belum lama ini di ruas Tol Jagorawi, diduga karena mengalami masalah pada sistem kelistrikan atau korsleting.

Kelistrikan memang menjadi faktor utama mobil tiba-tiba terbakar ketika sedang melaju. Bahkan, bisa juga disebabkan oleh kebocoran pada sistem bahan bakar minyak (BBM), dan lain sebagainya.

Namun, pemilik mobil juga perlu mengetahui faktor eksternal atau di luar penyebab teknis seperti di atas. Dijelaskan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), misal ada sesuatu yang tertingal di ruang bakar.

"Misalnya lap atau kain yang mudah terbakar tertinggal di tempat mesin. Jelas itu bisa menyebabkan terjadinya kebakaran, karena ruang mesin itu panas," ujar Anjar kepada Otomania.com melalui pesan singkat, Senin (10/7/2017).

Anjar menambahkan, sebaiknya setelah membuka kap mesin pastikan lagi tidak ada yang tertinggal. Penyebab kebakaran, lanjut dia bisa terjadi karena faktor internal atau eksternal.

"Tetapi paling banyak memang faktor eksternal seperti ini. Jadi harus tetap berhati-hati," kata dia.

Penulis: Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending