Otomania / Feature

Ingat! Malam Ini Pukul 00.00 Tarif Tol Jagorawi Berubah

Sejumlah kendaraan antre di gerbang tol Cibubur Utama, Jakarta Timur, Kamis (7/9). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan surat keputusan menghilangkan gerbang tol Cibubur dan Cimanggis mulai 8 September 2017, hal tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan pada ruas tol Jakarta, Bogor dan Ciawi (Jagorawi). ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17.ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya Sejumlah kendaraan antre di gerbang tol Cibubur Utama, Jakarta Timur, Kamis (7/9). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan surat keputusan menghilangkan gerbang tol Cibubur dan Cimanggis mulai 8 September 2017, hal tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan pada ruas tol Jakarta, Bogor dan Ciawi (Jagorawi). ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17.

Jakarta, Otomania.com - Tol Jakarta, Bogor, Ciawi (Jagorawi) mulai malam ini pukul 00.00 WIB resmi memberlakukan sistem pembayaran baru. Tarif untuk jarak dekat dan jauh menjadi seragam.

Mobil yang masuk dalam golongan I membayar Rp 6.500, golongan II Rp 9.500, golongan III Rp 13.000, golongan IV Rp 16.000, dan golongan V Rp 19.500. Bagi pengguna jarak jauh jelas lebih untung, karena turun dari Rp 8.500 menjadi Rp 6.500 untuk golongan I.

Bagi pengguna jarak pendek, tarifnya memang sedikit menjadi mahal, tetapi Jasa Marga (Persero) Tbk menjanjikan untuk memberikan fasilitas kenyamanan, salah satunya menjamin tidak macet.

Gerbang Tol Cibubur UtamaAditya Maulana - Otomania Gerbang Tol Cibubur Utama


Penyebab utama kemacetan di Jagorawi, karena selama ini menerapkan sistem transaksi terbuka dan tertutup, sehingga ada dua kali transaksi. Arah Jakarta ke Bogor, mengambil kartu di Gerbang Tol Cibubur Utama, dan sebaliknya membayar di Gerbang Tol Cimanggis Utama.

Baca juga: Ini Tarif Baru Tol Jagorawi, Berlaku 8 September 2017

Berkat sistem baru, kedua Gerbang Tol itu akan di non-aktifkan. Harapan Jasa Marga bisa mengurai kemacetan apalagi pada jam-jam sibuk seperti pagi hari dan sore hari.

Cara pembayarannya, untuk mobil yang menuju Bogor dari Jakarta akan membayar di masing-masing pintu ke luar, sedangkan dari Bogor menuju Jakarta di Gerbang Tol Bogor atau setiap pintu masuk Tol di masing-masing wilayah.

Baca juga: Sistem Transaksi Baru Jagorawi, Dijanjikan Bisa Urai Kemacetan

Nah, dengan sistem baru itu apakah bisa mengurai kemacetan di Tol Jagorawi? Mari kita pantau mulai besok dan seterusnya.

Ini Tarif Baru Tol Jagorawi, Berlaku 8 September 2017

Penulis: Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending