Otomania / Feature

Persiapan Bayar Tol Non-Tunai, dari Kartu Sampai Pakai Tongkat

Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com) Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik

Jakarta, Otomania.com - Ruas jalan bebas hambatan atau jalan tol dalam waktu dekat akan menggunakan pembayaran non tunai. Rencananya, seluruh pembayaran di gerbang tol akan diganti menggunakan Gerbang Tol Otomatis (GTO) yang dimulai awal Oktober mendatang.

Bagi pengguna kendaraan baiknya mempersiapkan kebutuhannya untuk dapat bepergian dengan lancar. Berikut beberapa benda yang wajib ada untuk kelancaran perjalanan saat di tol bulan depan.

Kartu Elektronik Toll (e-Toll)
Pengelola jalan tol bekerja sama dengan beberapa bank untuk kemudahan transaksi diantaranya Bank Mandiri (Mandiri e- Money), Bank BRI (BRI Brizzi), Bank BNI (BNI Tapcash) Bank BTN (BTN Blink) dan Bank BCA (BCA Flazz).

Kartu-kartu ini dapat diperoleh di beberapa tempat seperti situs jual beli online dan juga toko waralaba terdekat. Banderol harga biasanya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000, tanpa saldo.

Di beberapa tempat saat ini juga tersedia jasa pembuatan desain kartu e-Toll. Konsumen dapat membuat desain sesuai dengan seleranya. Ini disediakan dengan banderol harga yang sedikit lebih mahal yakni sekitar Rp 150.000.

BACA : Jangan Sampai Salah, Ini Daftar Gerbang Tol yang Tidak Terima Tunai

Mesin On Board Unit (OBU)
Mesin ini baru dikeluarkan oleh Bank Mandiri, dimana penggunaannya tidak perlu menjulurkan tangan untuk mengeluarkan kartu. Cukup lewati sensor maka gerbang akan terbuka dan mobil dapat melaju.

Mesin ini dibanderol cukup mahal yakni sekitar Rp 600.000 sampai Rp 700.000. Beberapa gerbang yang sudah menyediakan sensor untuk mesin ini antara lain Cawang, dan tol Prof. Dr Sedyatmo dari dan menuju Soekarno Hatta.

Tongcard
Ini yang paling unik. Bagi pengemudi yang suka kesulitan menggapai alat pemindai e-Toll, alat ini bisa berguna. Berbentuk panjang layaknya tongkat swafoto, pengemudi cukup mengeluarkan tongkat ini untuk membantu menjangkau alat pemindai.

Dari beberapa penjual di toko online, masalah pembayaran e-Toll sering menimpa mobil seperti sedan atau city car.Pengendara pemula juga kerap kesulitan karena sering tidak dapat mengatur jarak mobil dengan alat pemindai. Alat ini dibanderol mulai Rp 19.000 sampai Rp 50.000.

Aksesori tongcard, memudahkan proses tap mesin pemindai e-TollBukaLapak/GomoShop Aksesori tongcard, memudahkan proses tap mesin pemindai e-Toll

Ruas-ruas tol yang akan sepenuhnya menggunakan transaksi elektronik antara lain Jagorawi, Cawang-Tangerang-Cengkareng, Jakarta - Cikampek, Jakarta - Tangerang, Purbaleunyi, Jalan Tol Lingkar Luar, Palikanci, Semarang, Surabaya-Gemol, Belawan-Medan-Tanjung Morowa. Tol lain diantaranya adalah Bali-Mandara, Semarag-Solo, Surabaya-Mojokerto, MargaLingkar Jakarta, Tol Ligkar Luar Bogor, Gempol -Pasuruan, Gempol -Pandaan, dan Medan - Kualanamu-Tebing Tinggi.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending