Otomania / Tips N Trik

Pengguna GSX-R 150, Jangan Sampai Kehilangan Remote

Knob putar pada rumah kunci (main switch) merupakan anak kunci yang dipakai untuk membuka tangki bahan bakar dan jok boncenger.Suzuki Indomobil Sales (SIS) Knob putar pada rumah kunci (main switch) merupakan anak kunci yang dipakai untuk membuka tangki bahan bakar dan jok boncenger.

Jakarta, Otomania.com - Fitur keyless ignition yang terdapat di GSX-R 150 terbukti berhasil mengamankan motor dari upaya komplotan pencuri. Dari beberapa gambar yang beredar di sosial media, bagian kunci mengalami kerusakan.

"Kalau rusak seperti pada kasus, itu tinggal diganti tombol ignition switch-nya. Yang perlu diperhatikan adalah kalau kerusakan atau hilang remote," ucap Dadan, Divisi Teknik 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Senin (11/9/2017).

Fitur keyless ignition menggunakan sensor pada remote dan pada bagian tombol kunci yang berada di atas tangki. Tanpa kecocokan kode pada remote dan sensor ini, ECM tidak akan memerintahkan mesin untuk menyala.

Masalah timbul ketika remote ini rusak atau hilang serta pemilik tidak mengetahui kode PIN yang biasanya disertakan saat pertama kali pembelian. Tanpa PIN ini, fitur keyless tidak dapat digunakan dan pemilik harus mengganti satu perangkat kunci kontak tersebut.

Baca : Inden GSX 150 Series Makin Sebentar

"Remote hilang, kode PIN nya juga hilang, maka penggantiannya ada tiga komponen yakni ECM, controller dan remote-nya. Biayanya sekitar Rp 1,6 juta. Kalau PIN nya masih disimpan, tinggal datang ke diler Suzuki nanti akan dibuatkan remote baru," ucap Dadan.

Biaya pembuatan remote baru berkisar Rp 600 ribu. Untuk itu disarankan pemilik GSX-R menyimpan PIN remote ini ditempat aman dan dapat digunakan sewaktu-waktu jika ada masalah pada remote.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending