Otomania / Tips N Trik

Tidak Cuma Mobil, Motor Juga Bisa Terbakar

Sepeda Motor yang dikendara Selfi, tiba-tiba mengeluarkan percikan api dan hangus terbakar, Selasa (7/6/2016)KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN Sepeda Motor yang dikendara Selfi, tiba-tiba mengeluarkan percikan api dan hangus terbakar, Selasa (7/6/2016)

Jakarta, Otomania.com - Beberapa waktu lalu terjadi kasus kebakaran pada mobil yang tengah diparkir di garasi rumah. Kasus ini tentu membuat banyak orang bertanya, apakah kasus yang sama dapat terjadi juga pada roda dua?

"Tentu bisa. Penyulut api itu sumbernya bisa dari luar, mungkin ada sisa bensin di tempat berhenti atau juga dari sepeda motor," ucap Dadan, Divisi Teknik 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Senin (11/9/2017).

Menurut Dadan, perhatian utama penyebab sepeda motor terbakar bersumber dari pemasangan aksesori tambahan. Modifikasi ini membuat ubahan pada kelistrikan yang tidak tepat.

"Biasanya ambil kelistrikannya asal, langsung dari aki. Saat kunci kontak di posisi OFF, arus tetap mengalir. Ini kemudian yang menyebabkan panas lalu terbakar," ucap Dadan.

Baca : Enam Langkah Mencegah Mobil Dilalap Api

Masalah lain timbul dari penggunaan kabel atau aksesori kelistrikan lain yang kualitasnya tidak terjamin. Termasuk saat menghantarkan panas karena arus listrik sehingga kabel cepat panas atau penyambungan yang tidak tepat.

"Jadi kemungkinan cukup banyak. Termasuk saat kendaraan berhenti," ucap Dadan.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending