Otomania / Tips N Trik

Ini Biaya Pasang Baru Power Steering

Proses penggantian oli power steeringSetyo Adi/Otomania Proses penggantian oli power steering

Jakarta, Otomania.com - Fungsi utama power steering, yaitu menjadikan pengemudi nyaman ketika berkendara, karena setir terasa tidak berat. Secara umum terdapat dua jenis teknologi sistem, yaitu hidrolik dan electronic power steering (EPS).

Masih ada mobil yang belum dilengkapi piranti itu, misal varian paling rendah pada beberapa model atau keluaran tahun lama. Jangan khawatir, sebab bisa dipasang di bengkel resmi atau spesialis.

Salah satunya, Piranti Stirindo Utama, Workshop Power Steering Specialist di Jalan Kolonel Sugiono, Duren Sawit, Jakarta Timur. Menurut sang pemilik, Raka masing-masing model harganya berbeda-beda.

"Namun secara keseluruhan mulai Rp 4,5 juta hingga Rp 13 juta (hidrolik), dan EPS Rp 5,5 juta sampai Rp 15 jutaan," kata Raka saat ditemui Otomania.com beberapa waktu lalu di bengkelnya.

Baca juga: Kenapa Oli Power Steering Berwarna Hitam

Raka menjamin bahwa piranti yang dipasangnya itu merupakan produk orisinil. Proses pemasangananya juga cukup cepat, mulai dua hari hingga satu pekan.

"Kalau mobil lama pakai model hidrolik bisa, tetapi yang ingin pakai EPS tidak bisa, karena ECU-nya tidak ada. Kita juga memberikan garansi selama tiga tahun," ucap Raka.

Selain itu, di bengkel spesialis power steering lain yang ada di kawasan Jakarta Timur, juga menawarkan banderol serupa. Namun ada lebih murah, karena pirantinya bekas.

"Kalau baru kisaran harganya dari Rp 4 jutaan sampai Rp 12 jutaan. Kalau yang bekas juga kita ada, cuma Rp 2 jutaan, tergantung modelnya," kata Yanto pemilik bengkel spesialis power steering saat dihubungi Otomania.com, belum lama ini.

Penulis: Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending