Otomania / News

Biaya Kalau "Remote" dan PIN GSX-R 150 Hilang

Gadis payung di acara test ride Suzuki GSX-R 150 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017).Febri Ardani/Otomania Gadis payung di acara test ride Suzuki GSX-R 150 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/1/2017).

Jakarta, Otomania.com – Jika kondisinya kunci remote satu-satunya Suzuki GSX-R 150 hilang lantas sang pemilik tidak ingat PIN (Personal Indentification Number) yang diberikan dari pabrik, maka solusinya seluruh sistem keyless harus diganti.

Sistem itu terdiri dari tiga komponen penting, yaitu kunci remote, controller, dan Electronic Control Module (ECM). Dadan, Divisi Teknik 2W Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan biaya penggantian seluruh komponen itu memakan biaya sekitar Rp 1,7 juta.

“Itu belum biaya jasa,” ucap Dadan, Rabu (13/9/2017).

Menurut Dadan, perbaikan sistem tidak bisa hanya melakukan penggantian kunci remote dan controller saja. Alasannya ECM juga harus dibersihkan dari data lama pada kunci remote yang hilang.

Baca: Pemilik GSX-R 150 Harus Bisa Jaga Rahasia

Setiap kunci remote memiliki PIN yang diberikan dari pabrik. Namun, buat alasan keamanan, pabrik sendiri tidak menyimpan data PIN masing-masing unit. Jadi, setelah sampai di konsumen, pemiliklah yang bertanggung jawab atas data PIN tersebut. 

Penulis: Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Komentar

Terkini Lainnya

Now Trending